Selasa, 10 Januari 2012

Tugas 2 Teori Organisasi Umum 1

Nama             : Ardhi Martian
NPM               : 1A111193
Kelas              : 2KA23 / ALH11
Hal                  :Tugas 2 Teori Organisasi Umum 1


Ciri - ciri, Unsur dan Teori Organisasi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan serta visi dan misi yang sama kemudian ingin mewujudkan dengan cara yang efisien. Dalam hal ini, organisasi menjadi suatu tempat dimana banyak orang memberikan apresiasi dalam bidang yang ingin mereka geluti namun tidak mereka dapatkan dalam kegiatan rutin dan formal yang mereka jalani.
Dalam membentuk suatu organisasi, ada baiknya pemahaman tentang organisasi harus ditingkatkan, sehingga semua anggota mampu memahami tujuan dan prinsip dari organisasi.
Untuk meningkatkan pemahaman tentang organisasi, maka haruslah mengetahui tentang ciri-ciri sebuah organisasi, unsur yang harus ada untuk membentuk organisasi, serta teori dasar organisasi.

1.2              Tujuan
Tujuan pembentukan makalah ini adalah :
1.      Menenal ciri-ciri dari sebuah organisasi
2.      Mengetahui unsur-unsur yang harus ada dalam membentuk sebuah organisasi
3.      Menyelesaikan tugas mata kuliah ini


BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Ciri – ciri Organisasi
                        Ada kalanya, pembentukan sebuah organisasi memerlukan sebuah pemahan baru tentang bagaimana sebuah perkumpulan dapat dikatakan sebuah organisasi. Maka di perlukanlah pengetahuan tentang beberapa ciri-ciri organisasi yang lebih modern.
Ciri-ciri Organisasi Modern
        Organisasi bertambah besar
Ditandai dengan semakin banyaknya anggota baik pasif maupun aktif.
        Pengolahan data semakin cepat
Semakin baik sistem manajeman dalam organisasi tersebut maka semakin cepat pengolahan data organisasi tersebut.
        Penggunaan staf lebih intensif
Semakin banyaknya anggota yang aktif, maka diperlukan sistem koordiansi dan manajerial yang baik untuk mengolah dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif
        Kecenderungan spesialisasi
Organisasi yang baik adalah organisasi yang memiliki fokus terhadap tujuan yang ingin dicapainya. Tentunya disertai visi, dan misi yang disepakati bersama. Hal ini dapat didasari dengan adanya spesialisasi terhadap jenis dari organisasi dibentuk.
        Adanya prinsip-prinsip atau azas- azas organisasi
Sebagai pedoman dalam mengambil setiap keputusan dalam organisasi, maka perlu ditentukan prinsip dan azas dari organisasi tersebut agar segala keputusan yang hendak diambil tidak melenceng dari prinsip dan azas yang sudah ada.
·         Unsur – unsur organisasi lebih lengkap
Organisasi yang baik memiliki susunan kelembagaan yang tertata lengkap disertai gugus fungsi masing –masing lembaga.


2.2       Unsur – unsur Organisasi
                        Berikut adalah unsur – unsur organisasi yang dibutuhkan dalam memulai sebuah organisasi:
        Manusia ( Man )
        Kerjasama
        Tujuan Bersama
        Peralatan ( Equipment)
        Lingkungan alam
        Kekayaan
        Kerangka/ Konstruksi Mental Organisasi

2.3       Teori Organisasi
                        Ada tiga buah teori organisasi yang dapat digunakan dalam mendalami sistem organisasi, yaitu teori organisasi klasik, teori neo klasik, dan teori organisasi modern.

2.3.1    Teori Organisasi Klasik
a. Teori Birokrasi
Teori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “ The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism “. Kata birokrasi mula-mula berasal dari legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan prganisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
b. Teori Administrasi
Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika. Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun 1841-1925 mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi adalah :
-      pembagian kerja ( division of work )
-      wewenang dan tanggung jawab
-      Disiplin’keastuan perintah
-      Kesatuan pengarahn
-      Mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
-      Balas jasa
-      Sentralisasi
-      Rantai skalar
-      Aturan
-      Keadilan
-      Kelanggengan anggota personalia
-      Inisiatif
-      Semangat Korps
c. Manajemen Ilmiah
Perlu adanya proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor – faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
2.3.2    Teori Neo Klasik ( Teori Hubungan atau Manusiawi )
Menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan / anggota aktif organisasi

2.3.3    Teori Organisasi Modern
Semua unsur organisasi sebagai  satu kesatuan & saling  ketergantungan
 
 
BAB III
KESIMPULAN

Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang- orang, kerjasama dan tujuan  bersama-sama . Ketiga ketiga  unsur tersebut saling berhubungan  dan merupakan satu kesatuan. Dari berbagai macam teori organisasi yang dikemukakan oleh  para ahli, tiada satupun yang  memiliki kebenaran mutlak. Antara berbagai macam teori organisasi tersebut saling isi dan  saling melengkapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar